0812-8029-2869 info@dealerisuzu.co.id

Cara Membaca Kode Oli Mesin Kendaraan Isuzu

 

Cara Membaca Kode Oli Mesin Mobil Isuzu untuk memilih pelumas yang sesuai. Baik mobil ataupun motor,

Oli sama – sama memiliki peran penting pada mesin dan setiap mesin itu sendiri mempunyai karakteristik bermacam-macam, maka dari itu oli pun harus disesuaikan.

Kini beragam oli dengan tingkat visikositas, harga dan merk telah banyak beredar di pasaran. Mengingat setiap kendaraan memiliki jenis atau tipe mesin yang berbeda – beda,

maka dalam setiap memilih oli harus memperhatikan tingkat kekentalannya.

Contohnya untuk mesin kendaraan dibawah tahun 2000an memerlukan oli dengan tingkat kekentalan tinggi. Meskipun demikian, selama ini nyatanya banyak para pengendara yang mengabaikan hal tersebut.

 

Tak sedikit orang – orang yang belum mengerti akan kebutuhan oli mesin mereka. Misalnya saja dalam membeli oli namun tidak disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Untuk mengetahui kekentalan oli pelumas sebenarnya sangat sederhana yakni dengan membaca kode yang tercantum pada botol kemasan.

Banyak orang yang kebingungan cara membaca kode oli mesin motor maupun mobil. Ada oli pelumas dalam botolnya yang bertuliskan SAE (Society of Automotif Engineers) yaitu standar tingkat kekentalan sebuah oli pelumas pada suhu tertentu.

Misalnya dibelakang SAE diikuti dengan kode :

– SAE 5W-40

Kode 5W (winter) tersebut berarti pada suhu terendah oli tingkat kekentalannya 5.

Sedangkan pada suhu maksimum (panas) tingkat kekentalan oli adalah 40.

– 15W-50

Berarti pada suhu terendah oli tingkat kekentalan 15 dan pada suhu maksimum tingkat kekentalan oli sebesar 50.

Sekarang bagaimana memilih oli yang tepat untuk mobil isuzu? Sebelum anda menentukan pemilihan oli mobil isuzu yang tepat,

ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan seseorang yang ahli dalam bidangnya atau agar aman gunakanlah oli yang direkomendasikan oleh isuzu.

Lain halnya dengan kendaraan beroda dua / motor. Motor baru clerance mesin masih sempit sehingga butuh pelumas yang lebih encer. Untuk motor-motor baru, bisa menggunakan oli dengan SAE 10W-40.

Apabila dipaksakan memakai oli kental, imbasnya mesin menjadi berat.

Disamping SAE, pada oli pelumas merk tertentu juga menggunakan kode API Service ata American Petroleum Institute. Sebagai contoh misalnya 10W-40 API SJ. Kode S menunjukan bahwa oli tersebut untuk mesin bensin.

Sedangkan huruh kedua (J) menunjukan waktu produksi. Artinya semakin baru oli maka huruf kedua akan semakin jauh dari A. Sebagai contoh untuk kode SJ maka lebih baru dengan kode SI.

Baik mobil ataupun motor, pastikan jangan sampai salah memilih oli, sesuaikan oli dengan kondisi mesin agar lebih tahan lama. Selain itu perhatikan juga jadwal penggantian oli secara periodik,

agar oli pelumas selalu dalam kondisi bersih dan berfungsi dengan baik.

bagi anda warga jabodetabek yang membutuhkan unit isuzu anda bisa langsung datang ke dealer isuzu jakarta atau bisa mengunjungu web dealerisuzu.co.id

Link Terkait

Jual Rumput Sintetis