0812-8029-2869 info@dealerisuzu.co.id

Cara Merawat Mobil Isuzu

Cara Merawat Mobil Isuzu – Bagaimana cara merawat mobil isuzu agar mesin tetap bertenaga dan awet? Mobil adalah suatu kendaraan beroda empat dengan sistem yang terdiri atas ratusan sistem kecil dan ribuan bagian.

Setiap sistem tersebut mempunyai peran dan fungsinya masing-masing dan agar sistem tersebut bekerja optimal, maka diperlukan perawatan atau perhatian khusus.

Hal tersebut tentu perawatan atau perlakuan yang diberikan pun berbeda – beda, tergantung dari bagian mana yang hendak dirawat.

Berikut dibawah ini merupakan pentunjuk umum tentang bagaimana merawat mobil bekas isuzu agar performanya tetap maksimal:

1. Cek Mesin

Cara Merawat Mobil Isuzu yang pertama adalah Pada saat akan berkendara, usahakan melakukan pengecekan mesin.

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, setidaknya dapat mengetahui ada beberapa bagian atau spare part yang harus diganti.

Biasanya kendala yang umum terjadi mobil tak nyaman saat dikendarai. Hal demikian bisa menjadi pentunjuk akan adanya suatu komponen atau bagian yang harus di service.

2. Periksa Ban Mobil

Cara Merawat Mobil Isuzu selanjutnya Usahakan periksa ban setiap kali mobil akan digunakan.

Periksa ketebalan dan tekanan anginnya, apabila tekanan anginnya kurang dan ketebalan ban tersebut telah jauh berkurang dari ukuran sebelumnya, bisa saja terjadi kecelakaan di jalan dan hal itu harus selalu dihindari.

3. Hindari Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Tinggi

Jangan mengendarai mobil berkecepatan tinggi di jalan berlubang. Melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi bisa saja memperpendek umur suspensi,

bahkan bisa seketika merusak ball joint dan tie rod. Ban pun akan cepat gundul dan menipis.

4. Periksa Minyak Pelumas

Oli mesin harus diganti saat sudah digunakan sejauh 4000 sampai 5000 kilometer. Bahkan mobil – mobil merk tertentu diharuskan menambahkan oli mesin sebelum jarak tempuh 2000 km.

Oli power steering, minyak rem, mesin cuci pelarut, cairan anti beku dan pelumas transmisi juga harus secara rutin diperiksa dan diganti.

Selain itu, saat mengganti oli mesin sangat dianjurkan juga untuk melakukan penggantian filter oli.

5. Periksa Lampu

Demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara, ada baiknya memeriksa lampu mobil, apakah nyalanya masih normal atau tidak.

6. Cek Aki

Aki termasuk salah satu komponen kelistrikan yang harus dirawat secara khusus. Jika memakai aki kering, maka cenderung lebih mudah perawatannya.

Namun apabila menggunakan aki basah, ada baiknya mengecek tinggi air aki dan bila perlu memeriksakan seberapa baikkah kondisinya.

Ketika fungsi aki tidak bekerja seperti seharunya, maka berbagai komponen kelistrikan pada mobil tidak dapat bekerja maksimal. Bersihkan juga kerak yang menempel di terminal aki karena jika tidak dibersihkan akan mengganggu kinerja aki dan memperpendek usianya.

7. Periksa Kondisi Wiper

Fungsi wiper sangat penting terutama saat musim hujan. Berkendara dengan wiper yang tidak berfungsi dengan baik akan sangat berbahaya karena titik-titik air tidak bisa disapu secara sempurna.

Bila menemukan karet wiper sudah tidak dapat menyapu titik air secara sempurna, segera lakukan penggantian.

Mencampur air di dalam tabung pencuci dengan cairan pembersih wiper juga akan sangat membantu kenyamanan saat berkendara, langkah tersebut juga akan membuat wiper lebih awet.

8. Periksa Sabuk Mesin

Pada umumnya, sabuk mesin atau timing belt perlu diganti secara berkala setiap 45.000 hingga 50000 km. Timing belt ini memegang peranan yang sangat penting, baik untuk kinerja mesin dan keselamatan.

9. Periksa radiator

Pastikan air radiator terisi penuh dan bekerja sesuai fungsinya. Saat menemukan mesin melebihi temperature normal,

ada baiknya segera menguras atau memeriksakan radiator agar mesin tidak cepat panas dan bisa mengakibatkan terjadinya overheat yang bisa merusak komponen di dalam mesin.

10. Panaskan Mesin

Usahakan panaskan mesin sebelum hendak digunakan. Hal ini untuk memastikan komponen di dalam mesin terlumasi sehingga akan mengurangi gesekan dan keausan.

mungkin sekian untuk artikel Cara Merawat Mobil Isuzu semoga artikel Cara Merawat Mobil Isuzu bermanfaat,

bagi anda yang membutuhkan unit mobil isuzu kususnya anda warga jakarta dan sekitarnya anda bisa langsung mendatangi dealer isuzu jakarta  

atau anda bisa menghubungi sales isuzu jakarta